Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sangat Mudah Inilah 5 Tips Psikologi Marketing


Banyak orang belum paham tentang psikologi marketing padahal strategi ini juga sangat berpengaruh terhadap bisnis kita terutama kepada calon konsumen.

APA ITU PSIKOLOGI MARKETING ?


Menurut laman Jurnal Id Psikologi Marketing merupakan sebuah pemahaman terkait motif-motif yang mempengaruhi emosi serta tindakan target pasar dalam memandang suatu produk maupun jasa yang ditawarkan oleh pebisnis.

Dari pengertian di atas kita bisa tau bahwa dengan psikologi marketing kita bisa memahami terkait motif ataupun hal-hal yang mempengaruhi suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan adanya psikologi marketing kita tau bahwa pembisnis haru memahami dan mempraktekan hal tersebut. Agar calon konsumen mempunyai nilai emosi (ketertarikan) untuk membeli apa yang kita tawarkan. 

Pasti kamu ingin produkmu jadi incaran target marketmu kan? Jika bisnismu ingin memberikan kesan yang baik kepada pelanggan, berikut lima tips pemasaran berbasis psikologi yang bisa kamu pelajari.

5 Tips Psikologi Marketing yang Patut Dicoba 

Ini ada beberapa tips yang bisa sekali sobat coba :


1. Membangkitkan Emosional Calon Customer.


Alih-alih memberi tahu pelanggan kamu betapa hebatnya produkmu dengan menunjukkan fitur dan spesifikasinya, beri tahu mereka bagaimana hal itu akan membuat mereka merasa senang, nyaman, dan puas ketika mereka menggunakannya. Jika kamu bisa membangkitkan emosional konsumen, mereka akan lebih cenderung membentuk koneksi pribadi dengan brand kamu.


2. Perlihatkan Bukti Sosial

Pernahkah kamu melewati Cafe baru, melihat antrean pengunjung di pintu Cafe dan berpikir, “Wow, Cafe itu pasti sangat enak! Kita harus pergi ke sana!“. Maka Itu adalah contoh manifestasi dari bukti sosial atau Social Proof.

3.Buat Kesan “Takut Kehabisan” 


Kamu bisa menggunakan kalimat “Jangan Lewatkan!” pada iklan produkmu. Atau, kamu bisa menawarkan produk “Limited Edition“ atau Edisi Terbatas. Dengan memberitahukan konsumen bahwa kamu hanya memiliki jumlah produk yang terbatas atau membuat urgensi penjualan suatu produk hanya dalam jangka waktu satu hari, kamu bisa meyakinkan konsumen bahwa waktu yang tepat untuk membeli produkmu adalah: sekarang!!!

Jadi, coba buat kampanye Flash Sale atau tawarkan kupon diskon untuk waktu yang terbatas. Jika sasarannya tepat, maka orang-orang akan langsung mengambil tindakan dengan membeli barang tersebut karena tidak ingin terlewatkan. 

4. Pahami Keinginan Customer


Sebagai penjual kita harus memahami ciri-ciri apa yang di inginkan oleh pelanggan. Karena apabila kita tau apa yang di inginkannya maka kita dapat menawarkan apa yang customer tertarik.

Hal tersebut dapat memengaruhi customer dengan pelayanan yang kompatible.

5. Manfaatkan Media Sosial

Mereka yang terkena Goldilocks Effect bukan mencari opsi produk termurah atau termahal, tetapi yang tepat dan benar-benar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.Berbagai konsumen pastinya memiliki selera yang berbeda-beda pula. 

Jadi sebagai penjual kita bisa melihat dari postingan ataupun kebiasaan yang di upload di media sosial calon pelanggan kita.

Dengan begitu kita dapat memahami konsep ataupun penawaran seperti apa yang cocok dengan hal yang disukai oleh calon customer kita.


Nah segitu saja tips tentang psikologi marketing, selamat mencoba dan semoga sukses.

Apabila ada saran, kritik ataupun tambahan, sobat bisa langsung isi kolom komentar di bawah.

Terima Kasih,

Posting Komentar untuk "Sangat Mudah Inilah 5 Tips Psikologi Marketing"