Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips 6 Strategi Copywriting Yang Layak Kamu Coba

Banyak orang berjualan online hanya dengan asal-asalan. Tidak tau ilmu ataupun hal yang perlu dilakukan untuk berjualan di media sosial.

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang semoga dapat membantu sobat semua dalam memulai ataupun menjalankan usaha online yang sobat semua lakukan.

Strategi itu yaitu dengan metode copywriting sebelum membahasnya, alangkah baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu.

Apa itu Copywriting ?


Dilansir menurut Wikipedia Copywriting adalah tulisan yang dibuat oleh seorang writer tujuannya disebarkan untuk kepentingan komersil. Contoh copywriting banyak digunakan untuk iklan pada website, landing page, televisi, majalah, koran dan media lainnya

Padahal copywriting itu ada sebagian menyebutkan 70% berperan di bisnis. Jadi apabila kita tidak menggunakannya berarti kita kehilangan 70% peran dari bisnis yang kita lakukan.

Tanpa basa-basi dan agar menghemat waktu anda kita lanjut saja ke topik yang akan kita bahas sesuai judul di atas. 

6 Strategi Copywriting yang Layak Kamu Coba


1. Fitur Vs Manfaat

Saat menulis deskripsi untuk suatu produk atau jasa, jangan lupa untuk menambahkan keuntungan atau manfaat yang kamu tawarkan. Manfaat ini bisa dalam bentuk pengalaman apa yang pelanggan rasakan ketika menggunakan produkmu.


2. Storytelling (Bercerita)

Sebagai contoh, karena Storytelling berbasis cerita. Kamu bisa menulis kembali pengalaman yang pengguna kamu rasakan di salah satu platform sosial media produkmu. Buat status yang menceritakan pengalaman pelanggan tersebut setelah menggunakan produkmu. Kemas dengan sedikit emosi agar hati para pembaca mudah terpengaruh.

3. Bersikap Layaknya Seorang Pakar

Kalau kamu terlihat seperti seorang pakar atau ahlinya pada suatu subjek, orang-orang akan lebih mudah percaya dengan brandmu. Saat berbicara atau menulis sesuatu tentang produkmu, kombinasikan angka dan statistik didalamnya. Data yang kamu sajikan haruslah dari sumber yang kredibel dan bisa dipercaya.

4.Memanfaatkan Metode Urgency (Stok Terbatas)

Menerapkan metode Urgency atau stok terbatas merupakan cara baik untuk memotivasi pelanggan supaya cepat-cepat membeli. Caranya bisa dengan :

• Mengumumkan bahwa promo akan segera berkahir
Tampilkan berapa banyak sisa produk tersebut saat ini (jika bisa tulis sedikit munkin)

• Ingatkan kembali kepada pelanggan bahwa kupon atau promo yang sedang berjalan akan berakhir pada tanggal tertentu.

Meskipun bagus, metode Urgency tidak boleh disalah gunakan melainkan digunakan sesuai pada waktunya. Misalnya kalau stok produkmu masih banyak jangan menggunakan klaim palsu bahwa stoknya tinggal sedikit. Ingat, pembeli online semakin lama semakin pintar dalam mengambil keputusan membeli.

5. Tawarkan Eksklusifitas


Memang tidak semua jenis bisnis bisa menawarkan eksklusifitas, tetapi berikut ini ialah cara yang patut dicoba untuk mencapai itu :

• Membuat area yang hanya bisa diakses member website
Buat produkmu terlihat langka dan hanya ada satu-satunya (Berbeda / unik dari produk yang lain)

• Coba menjual produk edisi terbatas (Limited Edition)


6. Menawarkan Newsletter pribadi (private) 

Tapi perlu kamu ingat, sama halnya seperti metode Urgency. Kamu harus menghindari klaim palsu dalam hal menawarkan eksklusifitas. Misalnya saja kalau produkmu tidak terlihat unik (biasa saja) maka jangan terlalu membuatnya terlihat langka, melainkan promosikan sewajarnya saja.

Nah seperti itu lah Tips strategi penjualan dengan copywriting, semoga bermanfaat. Apabila ada saran ataupun tambahan dan kritik, sobat bisa isi kolom komentar di bawah.

Terima Kasih,

Posting Komentar untuk "Tips 6 Strategi Copywriting Yang Layak Kamu Coba"